Minggu, 29 Januari 2012

Jogja Memang Istimewa


Pulang ke kotamu,
ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat,
penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi,
saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama suasana Jogja

     Pernah mendengar lirik lagu seperti di atas? Lagu tersebut berjudul Yogyakarta, yang dipopulerkan oleh Kla Project pada tahun 1991. Untuk menyegarkan ingatan, lagu tersebut bisa didownload di sini. Lagu tersebut sangat spesial dan masih sering kita dengar hingga sekarang. Yogyakarta pun tak kalah spesial dari lagu tersebut. Menyandang berbagai sebutan seperti Kota Budaya, Kota Pelajar, dan salah satu Daerah Istimewa di Indonesia, Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

Romantisme Kota Budaya



     Hingga kini, Jogja -nama pendek untuk Yogyakarta- masih menjadi diminati oleh para wisatawan, baik dari lokal maupun asing. Beberapa dari mereka mengagumi  budaya Jogja yang masih terjaga hingga sekarang. Termasuk Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat, istana resmi Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang didirikan Oleh Sultan Hamengku Buwono I sekitar tahun 1755. Kraton Ngayogyakarta sampai sekarang masih memiliki peran penting dalam pemerintahan kota Jogja. Aktifitas di dalam kraton pun masih berjalan dengan normal meskipun tidak seperti beberapa puluh tahun yang lalu.

Jogja Never Ending Asia
     Selain Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jogja juga memiliki berbagai macam jenis tujuan wisata, seperti wisata sejarah, wisata belanja, wisata kuliner, wisata pantai, hingga kursus belajar membuat kerajinan. Semua tujuan wisata tersebut tersebar di 4 Kabupaten yaitu Bantul, Kulon Progo, Sleman, dan Gunung Kidul, serta 1 Kota Madya. 

     Sebagian besar wisatawan hanya berkunjung ke tempat – tempat yang sudah terkenal seperti jalan wisata Malioboro, Kraton, Kasongan, atau Pantai Parang Tritis. Padahal, selain tempat-tempat tersebut, Jogja menyembunyikan lebih banyak lagi pilihan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Setiap tempat memiliki keunikan tersendiri sehingga tidak salah memasukkan tempat-tempat tersembunyi tadi dalam agenda perjalanan.

Jalan Malioboro
     Jogja sudah lama menjadi tujuan wisata, tentunya tidak sulit untuk masuk ke Jogja. Bagi yang tidak suka repot, bisa mengikuti paket perjalanan yang sudah banyak ditawarkan oleh Travel Agen. Namun, bagi yang hanya memiliki sejumlah dana yang terbatas atau menyukai kebebasan, Jogja juga bersahabat dengan para Backpacker. Untuk yang terakhir, memang diperlukan persiapan yang matang agar tidak ada waktu yang terbuang percuma karena bingung tempat-tempat yang akan dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar