Senin, 30 Januari 2012

Melewatkan Malam di Warung Makan Cobek Ireng


Meskipun orang Jawa, tepatnya orang Jogja terkenal menyukai masakan yang manis, namun sekarang ini makanan dengan rasa pedas pun telah diterima oleh masyarakat Jogja. Terbukti dari menjamurnya tempat makan yang menawarkan sambal sebagai menu andalan mereka. Warung Cobek Ireng salah satunya.

Warung makan Cobek Ireng terletak di Jalan Panembahan Senopati, Desa Pandak Kabupaten Bantul. Tempat makan ini menawarkan beberapa menu makanan mulai dari yang digoreng hingga dibakar. Sebagai andalannya, disediakan sambal sebagai pendamping makan yang dijamin enak.
Cara penyajian makanan di Warung Cobek Ireng dibuat lebih unik. Lauk yang dipesan akan disajikan di atas sebuah cobek yang dibuat dari tanah. Agar lebih menarik dan bersih, cobek tersebut diberi alas daun pisang. Sambal yang disajikan sesuai pesanan akan dimasukan di sebuah wadah mirip sebuah cawan. Cawan tersebut juga terbuat dari tanah. Berbeda dengan tempat makan lain, nasi disediakan oleh Cobek Ireng dalam sebuah wakul yang diberi alas daun pisang juga. Setiap pelanggan yang datang bisa menakar sendiri seberapa kuat dia makan. 



Selain menawarkan cita rasa yang enak, tempat makan yang buka di sore hingga malam hari ini juga menyediakan suasana tempat makan yang nyaman. Pelanggan yang datang bisa menikmati hidangan dengan duduk di kursi atau dengan lesehan yang disediakan cukup banyak. Tempat ini pun cocok untuk nongkrong karena suasananya yang tidak terlalu ramai dengan pencahayaan lampu 10watt yang tidak terlalu terang.
Bagi warga Bantul, Warung Makan Cobek Ireng bisa menjadi alternatif tempat makan jika sudah bosan dengan makanan ala pecel lele di pinggir jalan atau masakan padang.  Tempat ini lebih bisa dijangkau karena dekat daripada harus ke kota Jogja karena suasana yang diberikan tidak jauh berbeda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar